Sabtu, 17 Oktober 2020

RATAPAN TANGISNYA NABI NUH AS".

الله...
ياسيّدي ياايّهاالغوث...

🌷 "RATAPAN TANGISNYA NABI NUH AS".

🌹 Sebab Nabi Nuh dinamakan dengan "Nuh".

قال الكسائي: 

و كان اسمه عبد الغفار أو يشكر، و سبب تسميته نوحا ما قيل إنه رأى كلبا له أربعة اعين. فقال نوح: أن هذا الكلب شنيع. فقال له الكلب: يا عبد الغفار أتعيب النقش ام النقاش؟ فإن كان العيب على النقش فإن الأمر لو كان الي، لما اخترت أن أكون كلبا، و إن كان العيب على النقاش فهو لا يلحقه عيب لانه يفعل ما يشاء.

فكان عليه السلام كلما ذكر ذلك ينوح و يبكي على خطيئته و ذنبه، فلكثرة نوحه سمي نوحا.

كتاب سراج الطالبين شرح منهاج العابدين ج ٢ص ٣٥٤

🌹 Berkata  Imam Al-Kisai:

🌷 " Nama asli dari Nabi Nuh adalah Abdul Ghafar atau Yasykur. Adapun sebab beliau dinamakan dengan "Nuh" sebagaimana yang diceritakan: 

"suatu hari beliau melihat seekor anjing yang memiliki 4 mata, spontan Nabi Nuh mengucapkan: "anjing ini sungguh menjijikkan".

🌹 Anjing itu pun berucap: 

"wahai Abdul Ghafar! Apakah kamu mencela bentuk ini, atau zat yang membentuk?..😔

Jika kamu mencela bentuk nya, seandainya aku bisa memilih, aku tak akan memilih menjadi anjing.😥 

Namun, jika celaan itu bagi yang membentuk, sesungguhnya Dia tak punya aib karena Dia bisa melakukan apapun yang Dia inginkan."😢

Setelah kejadian ini, Nabi Nuh setiap mengingat nya selalu meratapi (yanuh) dan menangis,😭 karena banyak nya beliau meratap (yanuh) akhirnya beliau dinamakan Nuh.

🌷 Kitab Siraj ath-thalibin jilid 2 hal 354

🌹 "Yaa Sayyidii Yaa Rasuulallah...

Nabi Nuh dengan satu dosa menghina makhluk Allah swt yaitu Anjing,Beliau menyesal meratapi perbuatannya seraya menangis tak henti hentinya kepada Allah swt,disebabkan berkata yg tak pantas atas makhluk Allah swt.

Sebab yg dihina meskipun itu adalah seekor anjing yg najis,namun sang anjing tetap bersyukur dan menerima atas ketentuan takdir dari Allah swt.

🌷 Maka bagaimana dengan kita...?😭

Sedangkan kita berdosa dan mungkin sudah tak terhitung jumlahnya,  namun tak sedikitpun rasa menyesal, meratapi bahkan menangis kepada Allah swt atas dosa yg telah kita perbuat.😭

🌹 Pantaskah kita mengaku sebagai Hamba Allah swt?😭🙏

🌷 Sedangkan hati kita keras bagaikan batu yg sulit meratap menangis kepadaNya..😭

🌹 Al-Faatihah...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MENYIBAK MAKNA MUSYAHADAH DAN MUKASYAFAH DALAM ILMU TASAWUF*_

 _*MENYIBAK MAKNA MUSYAHADAH DAN MUKASYAFAH DALAM ILMU TASAWUF*_ Assalamualaikum warahmatullahi wa Baroqatuh. Saudaraku...sebenarnya antara ...